Minggu, 11 Januari 2015

Review Materi: PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGRASI MASYARAKAT



            Pertentangan sosial di dalam masyarakat terjadi akibat adanya perbedaan-perbedaan dan tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat seperti peluang hidup, gengsi, hak istimewa dan gaya hidup. Pertentangan sosial disebabkan oleh 5 faktor, yaitu perbedaaan kepentingan; prasangka, diskriminasi dan ethosentris; pertentangan sosial ketegangan dalam masyarakt; golongan-golongan yang berbeda dan integrasi sosial; serta integrasi nasional. Kelima faktor ini saling berhubungan dan saling mempengaruhi dalam timbulnya pertentangan sosial ketegangan dalam masyarakat.
Hal ini dimulai dari adanya perbedaan kepentingan suatu individu yang menimbulkan perbedaan tingkah laku individu tersebut dalam pemenuhan kepentingan tersebut yang dipengaruhi oleh faktor bawaan dan lingkungan. Perbedaan tingkah laku ini pula yang seringkali menimbulkan prasangka terhadap suatu individu atau golongan karena tidak sesuainya tingkah laku, norma, atau kebudayaan orang lain dengan yang ia miliki. Ketika prasangka ini muncul, maka timbul pula tindakan untuk mendiskriminasi individu atau golongan tersebut dan hal ini akan menyebabkan teradinya pertentangan sosial yang sering terjadi di kehidupan masyarakat.

Untuk mengatasi pertentangan sosial maka dilakukanlah integrasi sosial yang berupa suatu keadaan di mana kelompok-kelompok etnik beradaptasi dan bersikap komformitas terhadap kebudayaan mayoritas masyarakat, namun masih tetap mempertahankan kebudayaan mereka masing-masing. Sehingga menghasikan pola kehidupan masyarakat yang memiliki keserasian fungsi. Dalam skala besar, dapat dilakukan integrasi nasional yang berfungsi untuk menyatukan atau memadukan masyarakat-masyarakat yang banyak jumlahnya menjadi suatu bangsa. Persatuan dan kesatuan bangsa inilah yang dapat lebih menjamin terwujudnya negara yang makmur, aman dan tentram.


            Pengalaman positif yang berhubungan dengan materi ini:

         Ketika kegiatan ekstrakulikuler pramuka mengadakan pertemuan akbar dengan anggota pramuka. Pada pertemuan tersebut orang-orang yang datang berasal dari berbagai tempat. Terdapat banyak sekali perbedaan mulai dari kebudayaan, sudut pandang, golongan, usia, jabatan, hingga kebutuhan masing-masing individu untuk hadir disitu pun berbeda. Namun tetap ada satu tujuan, yaitu untuk menyatukan dan memadukan perbedaan sudut pandang dari setiap anggota ataupun setiap golongan sehingga organisasi tersebut tetap dapat berjalan dengan selaras dan serasi meskipun memiliki kebudayaan yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar